Minggu, 03 April 2016

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS MITSUBISHI OUTLANDER SPORT INDONESIA (MitOSI) PERIODE 2014 - 2016



Pendahuluan
Komunitas Mitsubishi Outlander Sport Indonesia (MitOSI) memasuki usianya yang ke 3 pada tahun 2016. Berbagai agenda dan kegiatan telah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir. Untuk pertama kalinya pula MitOSI menyelenggarakan Musyawarah Nasional yang akan menentukan arah dan misi dari kegiatan-kegiatan MitOSI.
Meski belum memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga  (Ad/ART) yang sah, namun sebagai komunitas yang dilandasi persahabatan dan kekeluargaan, maka MitOSI selama 3 tahun terakhir secara ajeg tetap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang  bermanfaat, baik bagi member, maupun untuk non-member.
Sebagai organisasi yang berupaya untuk tetap eksis, maka dperlukan sebuah organisasi yang kuat dan diatur dalam sebuah aturan main yang disepakati bersama, di mana kepengurusan yang dipilih sesuai kesepakatan, dan juga melakukan regenerasi kepengurusan untuk menjalankan roda organisasi. Termasuk di dalamnya adalah kewajiban bagi Pengurus untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan semua kegiatan di komunitas ini.
Karena itu,  sebelum berakhirnya masa kepengurusan periode 2013 – 2016, perkenankan kami menyampaikaan laporan pertanggungjawaban jawaban kepengurusan ini. Laporan kami susun berdasar berbagai aspek keorganisasian yang meliputi
1.       Aspek Organisasi
2.       Aspek keanggotaan
3.       Aspek Keuangan
4.       Aspek Kegiatan, termasuk kegiatan sosial
5.       Aspek Evaluasi dan Usulan ke depan

ASPEK ORGANISASI
MitOSI yang didirikan pada bulan Maret 2013 memang terbilang masih cukup muda. Hasil pertemuan beberapa orang yang meminati kendaraan Mitsubishi Outlander Sport yang saat itu baru diluncurkan, melahirkan usulan untuk membut sebuah komunitas peminat dan pemilik Mitsubishi Outlander Sport. Setelah beberapa kali kopi darat, kemudian terbentuklah susunan pengurus awal Komunitas Mitsubishi Outlander Sport Indonesia (MitOSI), termasuk menentukan noor anggota. Dan pada tanggal 10 Maret 2013, dideklarasikanlah terbentuknya MitOSI dengan jumlah anggota pada saat itu sekitar 30 orang. Dan kepengurusan awal pada saat itu terdiri dari :

n  Dewan Penasehat:  Michael Chris (CJ) #001 dan M. Ali Isa #009
n  Ketua Umum: Tomy Haryadi #008
n  Wakil Ketua Umum: Totok Dewanta #002
n  Sekretaris Jendral: Ilham #003
n  Bendahara Umum: Renni Puri #004
n  Sie. Keanggotaan: Hady Wijaya #007
n  Sie. Acara / Kegiatan: Agriady #005 dan Ricky #016
n  Merchandise and Affiliate: Wahyu Guritno #006
n  Publikasi dan Dokumentasi: Iwan Ariawan #025
n  Chapter
o   Kalimantan: Christoffel #017
o   Malang / Jatim: Yuniar #012

Dalam perkembangannya selama 3 tahun terakhir, organisasi Mitosi terus berkembang, dan sejumlah pengurus mengundurkan diri karena berbagaihal, yang utama karena kesibukan di luar organisasi, hingga saat ini kepengurusan terdiri dari:

n  Dewan Penasehat:  Michael Chris (CJ) #001 dan M. Ali Isa #009
n  Ketua Umum: Wayan Eka Putra #048 menggantikan Tomy Hariyadi #008
n  Wakil Ketua Umum: Totok Dewanta #002
n  Sekretaris Jendral: Ilham #003
n  Bendahara Umum: Renni Puri #004
n  Sie. Keanggotaan: Hady Wijaya #007
n  Sie. Acara / Kegiatan: Agriady #005 dan Ricky #016
n  Merchandise and Affiliate: Wahyu Guritno #006
n  Publikasi dan Dokumentasi: Iwan Ariawan #025
n  Humas: Stevanus Ivan M. #030
n  Chapter
o   Kalimantan: Christoffel #017
o   Jawa Timur: Armand Pranoto #118 menggantikan Yanuar #012
o   Jawa Tengah (Jogja, Solo, Semarang dan sekitarnya: Alfiansyah #197 menggantian Dodo #097
o   Jawa Barat: Dedi Kurnia/ DK #349, menggantikan Denis #211
o   Sulawesi: Wawan Satriawan #134 menggantikan Handy Lim #111
o   Lampung: Aswedi Putra #280
Catatan: Semua pergantian di posisi kepengurusan tidak melalui Munas maupun Munaslub, tetapi lebih karena kesepakatan bersama di antara para anggota dan atas permintaan pengurus yang bersangkutan. Alasan utama pengunduran diri adalah karena kesibukan yang bersangkutan dalam pekerjaan dan pendidikan.

ASPEK KEANGGOTAAN
Pada saat dideklarasikan, member  MitOSI terdiri dari 30 orang. Dalam perjalanannya, MitOSI kemudian menarik minat para pemilik dan peminat Mitsubishi Outlander Sport di seluruh Indonesia. Dari yang tadinya hanya memiliki 2 chapter, kini MitOSI memiliki 6 chapter, dan juga meber yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Hampir setiap kali diadakan kopi darat, ada saja new member yang berminat untuk bergabung.
Saat ini member MitOSI yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 444 orang

Selain berdasar jumlah full member yang secara sukarela mendaftar dan membayar biaya registrasi, MitOSI juga menerima member berdasar keanggotaan di berbagai media, seperti Milis Yahoogroups.com, Facebook. Saat ini jumlah peserta/member di Facebook MitOSI mencapai 1.858 members, dan jumlah peserta di milis MitOSI@yahoogrups.com mencapai 530 peserta.
Berdasar aturan main yang ada, setiap pendaftaran member dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 per member. Dengan dana sebesar itu tiap member mendapatkan starter kit berupa: 1 (satu) setel Seragam, 1 Set sticker kendaraan (depaan dan belakang) dan 1 (satu) ID Card member.
Pada awal bulan November, Pengurus mengembangkan ID Card membership yang baru, yaitu ID Card berupa e-money Bank Mandiri yang bisa dimanfaatkan sebagai e-toll card dan juga kartu belanja di beberapa merchant. Penggantian ID Card berdasar  permintaan dari masing-masing anggota yang ingin karunya diganti.
               

ASPEK KEUANGAN
Sejak didirikan, MitOSI memang membuka keuangan untuk melaksanaan berbagai kegiatan komunitas. Di sisi penerimaan, MitOSI mengandalkan pada Iuran Pendaftaran angggota. Selain itu penerimaan juga didapat dari sisa dana kegiatan, juga dari seksi merchandise dan affiliate.

Sedangkan pengeluaran MitOSI, sebagian besar dikembalikan ke peserta dalam bentuk Starter Kit member, dana awal kegiatan, administrasi organisasi dan sumbangan kegiatann sosial.

Ringkasan Laporan Keuangan MitOSI 2013 – 2016
PENERIMAAN

Pendaftaran Membership
Rp.        84.726.913


Support dari berbagai kegiatan
Rp.          9.539.689


Bakti Sosial dan sumbangan
Rp.        15.672.079


Merchandise dan Group buy
Rp.        21.725.629


TOTAL PENERIMAAN

Rp.  131.664.310




PENGELUARAN

Starter kit dan membership
Rp.        50.790.500


Support kegiatan
Rp.        35.641.219


Bakti sosial dan sumbangan
Rp.        11.777.579


Merchandise dan Group buy
Rp.        17.495.000


TOTAL PENGELUARAN

Rp. 115.704.298





SALDO KAS

Rp.    15.960.012


ASPEK KEGIATAN
Mitsubishi Outlander Sport Indonesia (MitOSI) mementingkan kegiatan bagi seluruh membernya. Kegiatan-kegiatan MitOSI meliputi:


-       Jambore Nasional
Merupakan kegiatan besar MitOSI yang ditawarkan untuk melibatkan seluruh member di semua chapters. Kegiatan utamanya berupa turing dengan jarak yang cukup jauh, Hingga tahun ke tiga ini, MitOSI telah menyelenggarakan 2 kali Jambore Nasional
-          Jambore Nasional I: tgl 26 – 29 Deember 2014 di Jogjakarta
-          Jambore Nasional II: tgl 26 Des 2015 – 3 Januari 2016 di Jawa – Bali. Video: Mitosi goes to Baluran (https://goo.gl/xeDcTX),

-       HUT MitOSI
Peringatan Ulang Tahun MitOSI menjadi agenda rutin MitOSI, sebagai ajang mensyukuri keberadaan MitOSI.
Ulang Tahun pertama MitOSI dirayakan di Bukit Gumati Bogor dan juga di chapter lainnya. Acara dimeriahkan dengan koneksi langsung lewat interet dengan beberapa chapter seperti Makassar dan Surabaya
Ulang Tahun ke-2 puncak acara diselenggarakan di Lembang Jawa Barat,  yang menjadi tuan rumah adalah chapter Jawa Barat.
Puncak ulang tahun ke-3 diselenggarakan di Jakarta.
Selain dirayakan di pusat, peringatan HUT MitOSI juga diselenggarakan di masing-masing chapter.

-       Touring
Touring adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk memenuhi keinginan member. Dengan touring diharapkan bisa menjadi aktivitas positif untuk mengisi hari libur dan mengenal lebih dekat kekayaan pariwisata di Indonesia. Salah satu touring yang dilakukan oleh member MitOSI adalah touring menjelajah Sumatera ke Bukit Tiinggi yang dilakukan oleh member dari Jakarta, Lampung dan Palembang
Touring pendek yang lain adalah yang diselenggarakan oleh chapter Jawa Barat yatu menjelajahi keindahan perkebunan teh dan kawasan Puncak Jawa Barat

-       Kopi Darat
Secara rutin MitOSI menyelenggarakan kopi darat, sebagai ajang komunikasi atar member. Kopi darat diselenggarakan di Jakarta dan juga di masing-masing chapter. Pengurus menargetkan setidaknya satu kali dalam sebulan dilakukan kopi darat. Untuk tingkat Jakarta dan jawa Barat, target tersebut bisa dipenuhi, walau dengan jumlah anggota yang belum maksimal, dibandingkan dengan total member. Sedangkan di tingkat chapter, pengurus dan member di chapter setempat mengadakan kopdar disesuaikan dengan kondisi di masing-masing daerah. Contoh kopdar: Kopdar Jatiluhur (https://goo.gl/byWzuh), kopdar Jatim (https://goo.gl/QjfBPS) , Kopdar Mei 15 Jatim (https://goo.gl/HVnYjA), Kopi darat UI (https://goo.gl/LoZgVj), peresmian chapter Bandung (https://goo.gl/ym7AOl), Kopdar Kebun Raya Bogor sept 15 (https://goo.gl/oh1PA3), Kopdar Ancol Agt 2013 (https://goo.gl/AUgyv9),

-       Bakti Sosial
Sebagai salah satu komunitas otomotif yang tidak semata-mata menonjolkan kegiatan otomotif, MitOSI juga berupaya menyeimbangkan kegiatannya untuk hal-hal yang berguna bagi masyarakat sekitar. Sejumlah kegiatan bersifat sosial telah dilakukan sepanjang kepengurusan 2013-2016. Kegiatan tersebut berupa:
1.       Bakti Sosial untuk Anak Yatim: Bantuan ke panti asuhan di Bogor dan Pekanbaru
2.       Bakti Sosial Bencana alam: Gunung Kelud dan Gunung Merapi
3.       Bakti Soial Pendidikan: Penyaluran buku Kick Andy Foundation di kawasan Jogjakarta
4.       Bakti soisal Manula: Bantuan ke panti Jompo di Malang
5.       Bakti sosial lingkungan: Penanaman terumbu karang di Singaraja Bali, bakti sosial korban asap di Pekanbaru dan Palembang
6.       Sumbangan melalui badan amal: Sumbangan Idul Fitri melalui ZIS

-       Kegiatan bersama komunitas lain
MitOSI secara pro-aktif juga terlibat dengan komunitas-komunitas otomotif lainnya. Untuk itu secara formal, MitOSI tergabung juga dalam:
1.       SUV Brotherhood, yang terdiri dari belasan komunitas otomotif dengan jenis kendaraan SUV. Bersama SUV Brotherhood ini, MitOSI beberapa kali terlibat dalam kegiatan-kegiatannya, seperti SUV Brotherhood Gathering, Touring dan Kopi Darat (kopdar SUVB https://goo.gl/vFdNc6)
2.       Mitsubishi Lovers, yang terdiri dari beberapa komunitas otomotif produksi dari Mitsubishi Motors, seperti komunitas Pajero, Lancer, Grandis, L300 dan lain-lain. Salah satu kegiatan besar Mitsubishi Lovers yang juga diikuti oleh MitOSI adalah Gathering di Cibubur
3.       Beberapa member secara pro-aktif juga terlibat dalam beberapa komunitas otomotif lainnya. Hal ini mendapat dukungan dari MitOSI sebagai bagian untuk memperluas persahabatan antara berbagai komunitas otomotif.

ASPEK-ASPEK LAINNYA

-       Liputan Media mengenai MitOSI
Dalam peyelengaraan beberapa kegiatan MitOSI juga mendapat peliputan media, baik cetak, elektronik dan on-line. Beberapa di antaranya yang mendapat liputan media TV adalah kegiatan Baksos di gunung Kelud, Jamnas pertama (https://goo.gl/NBlxc3 ) dan jamnas kedua.
Sedangkan kegiatan-kegiatan yang diliput oleh media cetak dan on-line antara lain: bakti sosial di Merapi, Bakti sosial kabut asap, kopdar Bogor dan Puncak, Touring Sumatera dan Bukittinggi, Bakti sosial Jawa Timur, dan lain-lain. Beberapa membe MitOSI juga mendapat perhatian dari media, seperti liputan khusus fitur-fitur MitOSi, maupun prestasi beberapa member di berbagai bidang
MitOSI banyak menjalin kerjasama dengan media untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan positif yang dilakuan member MitOSI.

-       Website dan Sosial Media MitOSI
Hal lain di daam bagian ini adalah mengenai pemaksimalan website dan sosial media MitOSI. MitOSI memanfaatkan internet dalam mensosialisasikan soal komunitas ini:
1.       Website MitOSI di www.MitOSI.com. Pada dasarnya ini adalah halaman blog yang memuat berbagai hal mengenai MitOSI. Kegiatan-kegiatan MitOSI, foto-foto dan juga mekanisme pendaftaran member baru bisa diakses di blog ini.
2.       Facebook MitOSI di www.facebook.com/groups/MoSCi  daan di Pages FB MitOSI: https://www.facebook.com/MitOSIn/. Jumlah member di Groups MitOSI sudah cukup banyak, yaitu mencapai 1.844 orang
3.       MitOSi juga mengelola beberapa akun sosial media seperti Twitter, Instagram dan Youtube

-       Livery MitOSI kerjasama dengan GT Radial
Menjelang Jambore Nasional ke-2 Bulan Desember 2015, MitOSI menjalin kerjasama dengan Produsen Ban GT Radial berupa pembuatan Livery 8 kendaraan Outlander Sport milik member MitOSI. Kerjasama berlangsung satu tahun, dan diharapkan akan berlanjut pada tahun 2016.


-       Ikatan Kekeluargaan MitOSI
MitOSI tidak hanya memperkuat jalinan komunikasi antar membernya, tapi juga antara anggota keluarga member. Saat ini para istri dan anggota perempuan MitOSI juga secara aktif terlibat dalam kegiatan MitOSI. Mereka  tergabung dalam wadah Mommies MitOSI.  Ikatan bathin juga terjadi di antara anak-anak dari member MitOSi.

ASPEK EVALUASI DAN USULAN
Evaluasi
1.       Kepengurusan MitOSI periode 2013-2016 telah mengupayakan mengadakan berbagai kegiatan yang positif yang diharapkan memberi nilai tambah kepada membernya.
2.       Keterlibatan member dalam kegiatan-kegiatan MitOSI relatif masih sedikit. Dan kalaupun ada, pesertanya masih orang-orang yang sama. Alasan utama member adalah tidak ada waktu dan kesibukan di luar komunitas
3.       Membina hubungan dengan media sangatlah penting. Di era komunikasi digital sekarang, media bisa menjadi ssahabat untuk sosialisasi kegiatan MitOSI. Walaupun media juga dengan cepat bisa mengendus dan memberitakan apabila ada temuan-temuan yang bersifat negatif di organisasi ini

Usulan-usulan
1.       MitOSI belum berbadan hukum, sehingga ketika berhubungan dengan pihak ketiga ataupun sponsor masih terkendala deengan status badan hukum ini. Kami mengusulkan agar segera dibentuk badan hukum MitOSI yang tercatat di Kementerian Hukum dan HAM
2.       Rekening keuangan MitOSI masih menggunakan rekening tabungan perorangan. Perlu dibuat sebuah rekening kas MitOSI. Namun untuk itu diperlukan terlebih dahulu status badan hukum MitOSI
3.       MitOSI harus memaksimalkan teknologi komunikasi yang ada untuk mengefisienkan penyelenggaraan organisasi. Misalnya dengan memaksimalkan website yang dikelola MitOSI. Bagimana membjuat website yang efektif bagi pengunjungnya untuk mendaftarkan diri, mengakses informasi member, Mengumumkan kegiatan-kegiatan pengurus, dan mengakses berita-berita di media yang bisa diakses oleh pengunjung
4.       Dari sisi kegiatan, pengurus mendatang harus bisa menemukan terobosan-terobosan baru yang menarik minat member dalam mengikuti kegiatan-kegiatan MitOSI

PENUTUP
Demikian laporan ini kami buat untuk dipergunakan sebagai evaluasi dalam memajukan komunitas Mtsubishi Outllander Sport Indonesia (MitOSI).
Terima kasih atas kerja keras pengurus dan member MitOSI yang selama ini terlibat dalam penyelenggaraan acara-acara MitOSI. Terima kasih kepada para mitra sponsor dan pendukung kegiatan-kegiatan MitOSI. Kepada PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) yang selama ini juga mendukung keberadaan MitOSI. Pihak GT Radial, dan lain-lain yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu di sini. Kami berharap kerjasama ini akan terus dikembangkan di tahun-tahun mendatang.

Kami mengundang Om, Tante dan Saudara untuk mengikuti lebih lengkap perkembangan MitOSI melalui
Video MitOSI selengkapnya di Youtube di: https://goo.gl/DtG5Xy

Jakarta, 19 Maret 2016-03-18
Wayan Eka Putra

Ketua Umum MitOSI, Periode 2013 - 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar